Resep Apricot Crumble, Kaya Beta Karoten

441
Resep Apricot Crumble

Resep Apricot Crumble, buah yang harum, berbiji, lezat, dan berlimpah gizi ini bisa dimakan dalam keadaan segar atau kering.

Apa itu Apricot?

Aprikot merupakan salah satu spesies dari tanaman subgenus Prem. Tanaman ini sulit dipastikan asalnya sebab telah dibudayakan orang sejak zaman prasejarah.

Kemungkinan tanaman ini berasal dari bagian utara dan barat daratan Cina atau Asia Tengah, namun mungkin juga berasal dari Korea atau bahkan Jepang.

Kadar serat apricot yang tinggi mendorong proses detoksifikasi dalam tubuh dan mempercepat pembuangan sampah dari dalam tubuh.

Buah ini kaya beta-karoten yang diperlukan sebagai bahan baku pembuatan vitamin A, vitamin pencegah antibodi.

Buah ini juga merupakan salah satu sumber terbaik vitamin C yang asensial untuk semua fungsi sistem imun .

Apricot kering merupakan salah satu sumber zat besi terbaik yang penting agar tubuh dapat terbentengi dari berbagai penyakit.

Jangan pilih apricot kering yang berwarna jingga cerah karena proses pengawetannya menggunakan sulfur dan itu bisa membahayakan kesehatan Anda.

Resep Apricot Crumble

  • 950 gram apricot, kupas, belah dua, buang bijinya
  • 55 gram gula tebu
  • 100 gram tepung wholemeal
  • 25 gram oat
  • 2 sdm gula demerara/gula merah
  • 55 gram mentega tawar, potong kecil-kecil

Cara Membuat Aprocot Crumble:

Panaskan oven pada suhu 190oC/gas nomor 5. Rajang kasar apricot dan tempatkan dalam baki panggang.

Taburkan gula diatasnya. Dalam magkuk terpisah, gabungkan sisa bahan yang tersedia dan uleni hingga membentuk remahan-remahan roti.

Tutupi semua permukaan apricot dengan remahan. Lalu, panggang selama 40 menit  hingga kuning kecokelatan. Sajikan dengan creme fraiche jika suka.