Resep Rengginang Renyah Dan Awet

299
Resep Rengginang Renyah Dan Awet

Resep Rengginang Renyah Dan Awet, salah satu makanan tradisional khas nusantara yang sudah dikonsumsi sebagai makanan ringan maupun makanan utama.

Rangginang sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari beras ketan dibentuk bulat yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari lalu digoreng panas dalam minyak goreng sehingga rasanya renyah.

Jika umumnya dibuat dari nasi ‘sisa’ yang dikeringkan, rengginang kali ini menggunakan beras ketan yang dimasak dengan racikan bumbu. Sehingga rasanya lebih enak dan super renyah.

Rengginang itu diartikan sebagai simbol ‘persatuan’. Karena makanan ini tersusun dari butiran beras ketan yang saling berhimpitan. Satu sama lainnya saling bersatu dan tidak mudah dipecah belah.

Meskipun disebut kuliner kampung, rengginang merupakan sejenis kerupuk yang banyak penggemarnya, untuk Anda yang penasaran ingin membuat sendiri Rengginang. Berikut cara membuat rengginang renyah dan awet.

 Resep Rengginang Renyah Dan Awet

  • 500 gram beras ketan putih
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt terasi
  • 250 cc air mendidih
  • 800 cc minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Rangginang enyah Dan Awet:

  1. Cuci bersih beras ketan, rendam dengan air biasalebih kurang 5 jam, tiriskan.
  2. Kukus beras ketan dalam dandang sampai ketan setengah matang lebih kurang 15 menit, di tandai saling melekatnya butiran-butiran beras satu sama lain. Angkat, pindahkan kepanci.
  3. Masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan, terasi, garam ke dalam air mendidih, aduk-aduk sampai larut dan tercampur rata. Tuangkan kepanci berisi beras ketan, aduk rata. Diamkan selama lebih kurang 30 menit atau sampai air terhisap habis oleh ketan.
  4. Kukus lagi beras ketan dalam dandang sampai ketang matang selama 30 menit. Angkat, ambil 2 sendok makan beras ketan yang masih panas, bentuk menjadi bundar tipis (0,75 cm, diameter 6 cm).
  5. Letakkan diatas tampah, ulangi hingga selesai. Jemur di atas matahari sampai benar-benar kering, angkat, dan simpan di tempat kering.
  6. Panaskan minyak goreng, goreng rengginang dengan api panas, bolak balik hingga butiran-butiran ketannya semua mengembang, segera angkat tiriskan. Setelah dingin simpan dalam toples.