Resep Telur Gabus Manis

275
Resep Telur Gabus Manis

Resep Telur Gabus Manis, cemilan ini dijamin enak dan renyah, cocok disandingkan dengan minuman berupa kopi atau teh hangat dikala pagi, sore atau malam hari bisa melengkapi kebersamaan dengan keluarga tercinta.

Keharmonisan keluarga menjadi lebih terasa dikala ngobrol ringan bareng pasangan dan anak-anak sembil menikmati cemilan telur gabus manis ini .

Kue telur gabus memiliki rasa yang manis, namun ada juga kue yang berasa asin gurih. Uniknya kue kering ini memiliki berbagai jenis dan bentuk yang menarik.

Cara mencetaknya dengan diletakkan di telapak tangan kemudian gelintirkan adonan dengan menggosokka kedua telapak tangan hingga adonan berbentuk silinder panjang dan setiap ujungnya lancip, mirip seperti cacing.

Bagi kalian yang ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah, berikut ini kami sajikan resep kue telur gabus manis. Selain pembuatannya super mudah dan gampang, memakai bahannya pun sangat sederhana.

Resep Telur Gabus Manis

  • 200 gram tepung ketan putih / tapioka / terigu
  • 1 butir telur, kocok sampai mengembang
  • 100 ml santan kental
  • 1/2 sdt garam
  • 1 1/2 chedar chese product craft diparut
  • Minyak georeng

Lapisan Gula:

  • 100 gram gula merah
  • 75 gram gula pasir
  • 120 ml air

Cara Membuat Telur Gabus Manis:

  1. Kocok telur sampai mengembang dengan menggunakan mixer. Masukkan cheese yang diparut dan teruslah mengocok sampai tercampur antara telur dan cheesenya. Matikan mixernya.
  2. Masukkan garam, tepung, santan sedikit demi sedikit, aduk dengan mengunakan tangan, sampai semua bahan tercampur rata (tidak melekat di tangan dan dapat dipulung).
  3. Ambil sejumput adonan, jangan terlalu besar agar kue kering dan renyah. Letakkan di telapak tangan kemudian gelintirkan adonan dengan cara menggosokan kedua telapak tangan hingga adonan berbentuk silinder panjang dengan ujung-ujung yang runcing (seperti cacing).
  4. Masukkan adonan yang sudah di bentuk ke dalam wajan yang berisi minyak goreng dingin.
  5. Siapkan wajan, masukkan minyak goreng dan panaskan diatas kompor.
  6. Masukkan adonan yang sudah direndam di dalam minyak dingin tadi dan goreng sampai kecoklatan. Lakukkan terus dengan proses yang sama sampai adonan habis. Tiriskan.
  7. Buat lapisan gula: Masukkan gula merah, gula pasir, dan air sampai kental, masukkan telur gabus sambil diaduk rata dan berbalut gula.