Resep Cocolan Kacang Meksiko

343
Resep Cocolan Kacang Meksiko

Resep Cocolan Kacang Meksiko, kacang merah merupakan makanan pokok masyarakat Meksiko. Kacang ini sangat berguna karena dapat dikombinasikan dengan cabai ataupun salad, untuk cocolan seperti sambal ataupun dijadikan isian makanan yang disajikan dengan cara dibungkus/digulung.

Satu porsi sajian kacang mengandung protein yang tinggi dan kandungan seratnya dapat memenuhi sepertiga dari angka kebutuhan serat harian yang diperlukan tubuh. ini sangat berguna bagi mereka yang berolaraga secara teratur atau menurunkan berat badan karena serat dapat menahan lapar lebih lama, sementara pada saat yang sama protein menjadi penyedia energinya.

Kacang ini juga kaya kandungan asam folat yang penting untuk mempercepat penyembuhan luka-sangat berguna bagi mereka yang rawan mengalami blister (luka bengkak akibat bisul). Kacang merah bisa menjadi sangat beracun dan berbahaya jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Oleh karena itu, makanlah kacang merah yang telah dimasak terlebih dahulu atau pilihlah kacang merah kalengan.

Lihat Juga:  Resep Oseng Bakso Labu Siam

Berikut Resep Cocolan Kacang Meksiko yang enak dan lezat:

Bahan cocolan kacang Meksiko:

  • 250 gram 1 cangkir kacang merah
  • 1/2 buah bawang bombai, iris halus
  • 1/2 sdt bubuk cabai
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 2 sdm krim asam (sour cream)
  • 2 sdm daun ketumbar yang telah di rajang kasar

Cara membuat cocolan kacang Meksiko:

  1. Rendam kacang merah dengan air dingin selama semalam. Tiriskan dan masak hingga mendidih selama 10 menit.
  2. Kecilkan api dan masak selama dua jam hingga kacang empuk dan tumbuk kacang hingga halus.
  3. Dalam penggorengan lain, tumis bawang bombai dan bubuk cabai selama 5 menit hingga bawang layu. Sisihkan lalu, camurkan semua bahan yang tersedia ( daun ketumbar dan krim asam) dan pure dengan menggunakan blender.
  4. Cocolan kacang merah siap disajikan.
Lihat Juga:  Resep Scallop Panggan ketumbar