Resep Rhubarb Crumble

146
Resep Rhubarb Crumble

Resep Rhubarb Crumble, di Indonesia rhubrab (Hyssopus officinalis) lebih dikenal dengan nama kelembak. Rhubarb sendiri berasal dari barat laut Cina dan Tibet. Kelembek telah digunaka dalam pengobatan kurang lebih 2.000 tahun lamanya.

Penggunaannya secara bertahap menyebar melalui India, mencapai eropa selama masa Renaissance melalui Asia Kecil. Di Jawa, kelembak digunakan sebagai bumbu penyedap rokok kretek dan sebagai pewarna batik yang biasa ditanam di sela-sela tenaman kentang.

Rhubarb selama ribuan tahun digunakan di Cina sebagai obat. Tanaman yang masih termasuk keluarga rumex ini adalah pencegah penyakit yang ampuh.

Sayuran dengan cita rasa yang tajam ini mengandung senyawa antibakteri yang membantu tubuh untuk melawan berbagai jenis infeksi. Sayuran ini juga salah satu sumber terbaik vitamin C, si penguat sistem imun, dan komponen lainnya yang membantu untuk mencegah kanker.

Lihat Juga:  Resep Ayam Saus Jamur, Mudah dan Enak

Rhubarb berserat tinggi sehingga amat manjur untuk menurunkan kolesterol dan mencegah terjadinya penyakit jantung serta bermanfaat sebagai pencahar alami. Rhubarb juga mengandung asam oksalat yang diduga dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh.

Individu yang rentan mengalami asam urat dan artritis sebaiknya menghindari rhubarb karena kandungan oksolatnya dapat memperparah penyakit yang Anda derita.

Resep Rhubarb Crumble

  • 5 batang rhubarb, potong-potong
  • 2 sdm air
  • 125 gram gula tebu
  • 175 gram tepung terigu tawar
  • 100 gram mentega tawar

Cara membuat rhubarb crumble:

Panaskan oven dalam suhu 180oC/gas nomor 4. Dalam panci, masukkan rhubarb, air dan kurang lebih 60 gram gula lalu masak hingga gula larut selama 5 menit. Sementara itu untuk membuat topping-nya, campurkan tepung dan mentega, lalu uleni hingga membentuk remukan-remukan roti. Tambahkan gula dan uleni lagi. Tuangkan sirup rhubarb pada pinggang tahan panas dan tambahkan remukan-remukan adonan diatasnya, lalu panggang dalam oven hingga warnanya menjadi kuning kecokelatan. Sajikan segera.

Lihat Juga:  Resep Nasi Kunyit Harum