Resep Risotto Bayam Khas Italia

445
Resep Risotto Bayam Khas Italia

Resep Risotto Bayam Khas Italia, risotto merupakan hidangan khas Italia Utara yang mirip bubur di Indonesia, bedanya ada pada berasnya karena menggunakan beras Arborio dan rasanya lebih gurih karena dimasak bersama kaldu dan mentega.

Hidangan ini dapat dijadikan sebagai makanan pembuka, pendamping atau hidangan utama disajikan dengan makanan laut, daging, keju, atau sayuran.

Bayam merupakan sayuran berdaun dengan khasiat antikarsinogenik yang ampuh ini sangat sederhana dan populer di seluruh dunia.

Bayam kaya kandungan karotenoid yang nantinya dikonversi tubuh menjadi antioksidan A yang berguna untuk memacu respon imun dalam memerangi infeksi.

Sayuran ini mencegah terjadinya kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker serviks serta penyakit jantung. Kandungan vitamin C yang ada dalam bayam akan menyehatkan kulit dan membran mukosa, sedangkan kandungan vitamin B-nya dapat menambah tenaga dan memaksimalkan fungsi sistem saraf.

Lihat Juga:  Resep Praktis Ayam Ungkep

Bayam juga kaya mineral seng yang diperlukan untuk meningkatkan aktivitas sel T. cara terbaik mengonsumsi bayam adalah memakannya mentah atau dimasak sebentar saja karena jika terlalu lama dimasak dapat menghilangkan kandungan karotenoid dan vitamin C-nya.

Resep Risotto Bayam Khas Italia

  • 1 sdm minyak zaitun
  • 55 gram mentega tawar
  • 2 batang bawang bombai, rajang halus
  • 275 gram beras Arborio
  • 850 ml kaldu sayuran
  • 4 genggam penuh bayam segar, cuci bersih
  • 100 gram keju permesan, parut

Cara Membuat Risotto Bayam Khas Italia:

Panaskan minyak dan mentega dalam panci, tumis bawang bombai hingga berwarna kuning keemasan. Tambahkan beras, aduk selama 1 menit. Tambahkan kaldu sayuran secukupnya hingga beras terendam. Biarkan kaldu meresap, lalu tambahkan kaldu sayur tersebut sampai habis, masak hingga beras matang. Masukkan bayam, masak hingga bayam layu. Angkat dan taburi dengan keju. Sajikan hangat.

Lihat Juga:  Resep Acar Kuning Ikan Cukil, Sajian Sedap Dan Sehat