Resep Saus Salad Cuka Balsamik

466
Resep Saus Salad Cuka Balsamik

Resep Saus Salad Cuka Balsamik, efek basa cuka balsamik sangat bermanfaat bagi para pencinta kebugaran yang rentan mengalami kram otot.

Cuka ini berasaldari modena, salah satu provinsi di Italia. Cuka kental berwarna cokelat gelap ini dari anggur yang difermentasikan dalam wadah kayu. Sebagaimana jenis cuka lainnya, cuka ini mengandung berbagai enzim dan mineral mikro yang membantu menyeimbangkan kadar asam basa dalam tubuh. Cuka ini kaya senyawa fitokimia sebagaimana fitokimia yang ada pada anggur, tetapi pada cuka lebih berkhasiat karena sebelumnya telah mengalami proses fermentasi.

Cuka ini memiliki rasa asam segar yang enak dan banyak dipakai untuk saus daging, saus salad atau penambah rasa asam alami pada sup. Bisa dibeli di pasar swalayan dengan harga agak mahal. Khasiat cuka balsamik yaitu menjaga kesehatan saluran pencernaan karena mengandung bakteri probiotik sementara kandungan antioksidannya ampuh melawan radikal bebas. Berikut ini Resep Saus Salad Cuka Balsamik yang enak dan segar, patut Anda coba dirumah.

Lihat Juga:  Resep Paprika Merah Isi

Bahan saus salad cuka balsamik

  • 4 sdm cuka balsamik
  • Jus jeruk
  • Jus lemon
  • 1 sdt mustard
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 2 siung bawang merah, haluskan

Cara membuat saus salad cuka balsamik:

  1. Tempatkan semua bahan dalam alat pengocok.
  2. Kocok hingga semua bahan tercampur dan dinginkan dalam lemari es selama seminggu.
  3. Saus salad cuka balsamik siap disantap dalam keadaan dingin