Resep Sup Bit Panas

146
Resep Sup Bit Panas

Resep Sup Bit Panas, selain berfungsi sebagai penetral racun dan pembersih darah, umbi bit juga kaya zat gizi yang sangat penting untuk imun tubuh.

Umbi bit merupakan turunan dari bit yang tumbuh sekitar pantai Mediterania dan telah lama diistimewakan karena khasiat medisnya. Secara tradisional, umbi bit telah digunakan untuk membersihkan darah. Bit diduga kali pertama digunakan pada masa Romawi dan diperkenalkan sebagai salah satu bahan masakan oleh koki yang berasal dari Prancis. Pada abab ke-18, itulah saat ketika meraka mulai menggunakannya dalam hidangan.

Kandungan zat besinya yang kaya membuat bit dapat meningkatkan produksi sel darah putih (termasuk fogosit) siantibodi penggempur penyakit. Zat besi ini pula yang membantu mestimulasi pembentukan sel darah merah sehingga berefek pada meningkatnya ketersediaan oksigen dalam sel.

Lihat Juga:  Resep Sayur Bening Oyong, Mudah dan Enak

Bit juga mengandung mineral mangan yang diperlukan untuk pembentukan interferon, substansi antikanker yang kuat. Betanin, si pemberi warna merah pada bit, masih keluarga antioksidan antosianin sehingga berkhasiat pula dalam mencegah terjadinya kanker dan penyakit jantung.

Umbi bit juga diduga memiliki properti penetral racun yang dapat membuat ginjal dan hati menjadi lebih sehat. Selain itu kandungan seratnya yang tinggi sangat penting untuk kesehatan  jantung dan sistem percernaa.

Umbi bit dapat dikonsumsi baik dalam keadaan matang ataupun mentah. Bit segar dapat diambil sari buahnya, digunakan dalam salad, atau dimasak menjadi sup. Bagian atas umbi bit (daun dan batangnya) juga kaya vitamin A dan C, zat besi serta kalsium. Cara memasaknya mirip dengan cara memasak bayam. Rebus sebentar selama beberapa menit, angkat dan sajikan hangat dengan sedikit minyak zaitun.

Lihat Juga:  Resep Ayam Taliwang Sensai Pedas

Resep sup bit panas

  • 1 buah bawang bombai, kupas kulitnya dan potong-potong
  • 1 buah bawang putih, haluskan
  • 1 sdt bubuk cabai
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 400 gram tomat kalengan
  • 2 buah umbi bit segar, cuci bersih
  • Krim asam, untuk pelengkap

Cara membuat sup bit panas:

Panaskan oven pada suhu 200oC/gas nomor 6. Bungkus bit satu persatu dengan menggunakan aluminium foil dan panggang selama 45 menit hingga empuk. Angkat dan dinginkan lalu kupas kulitnya dan potong dadu. Tumis bawang putih dan bawang bombai menggunakan minyak zaitun selama kurang lemih 3 menit. Tambahkan bubuk cabai, aduk rata selama 1 menit. Masukkan tomat dan masak hingga mendidih. Kecilkan api dan masak lagi selama 15 menit, setelah itu masukkan potongan buah bit. Aduk rata. Tungkan sup kemangkuk, tambahkan krim asam untuk pelezat, sajikan selagi panas.

Lihat Juga:  Resep Ayam Thailand Praktis