Resep Sirup Rosehip

177
resep sirup bunga mawar

Resep Sirup Rosehip, Rosehip bisa diartikan sebagai buah mawar yang membesar terutama jenis-jenis bawar tertentu. Warna rosehip beraneka ragam dari warna merah hingga ungu gelap.

Rosehip mulai terbentuk pada musim semi dan masak ketika menjelang musim gugur tiba. Rosehip dapat digunakan untuk membuat palinka, minuman keras tradisional Hungaria. Namun, pada umumnya rosehip bisa digunakan untuk membuat teh herbal.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam wadah biji kecil ini dapat menjadi sangat efektif dalam menjauhkan kita dari serangan selesma dan flu.

Rosehip sebenarnya merupakan kulit buah bunga mawar yang terlihat pada semak mawar setelah bunganya rontok.

Rosehip mengandung vitamin C 20 kali lebih banyak daripada jeruk. Itulah alasannya rosehip dapat meningkatkan resistensi tubuh dalam melawan infeksi seperti selesma.

Lihat Juga:  Resep Smoothie Blueberry Segar

Caranya adalah dengan meningkatkan aksi pembersihan yang dilakukan oleh fogosit (sel darah putih) dan mendetoksifikasi bakteri.

Rosehip juga merupakan salah satu sumber terbaik pektin, salah satu jenis serat yang mampu mengikat kolesterol dan racun, kemudian mengeluarkannya dari tubuh.

Selama perang dunia II, anak-anak di Inggris diberikan sirup rosehip untuk menghindarkan mereka dari kekurangan vitamin C.

Resep Sirup Rosehip

  • 125 gram rosehip
  • 500 ml air
  • 125 gram gula tebu

Cara Membuat Sirup Rosehip:

  1. Masukkan air dan rosehip dalam panci, masak hingga mendidih. Biarkan dingin.
  2. Saring dengan menggunakan penyaring untuk menyingkirkan ampas-ampasnya.
  3. Setelah itu, hasil saringan dimasak kembali hingga mendidih dan tambahkan gula, lalu masak dengan api kecil sampai cairan menjadi 2/3 dari volume semula.
  4. Dinginkan dan tuangkan dalam botol kaca kecil yang steril.
Lihat Juga:  Resep Teh Lemon Jelatang, Buang Racun Dalam Tubuh